Jumat, 16 Juli 2010

PPIC

PPIC
PPIC merupakan singkatan dari Production Planning and Inventory Control. PPIC.
Definisi PPIC:
“Melakukan perencanaan produksi guna memenuhi permintaan pasar, merancang aliran kerja (workflow), jadwal sumberdaya dan menjamin pelaksanaannya, sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi customer dan menekan biaya produksi secara keseluruhan”.
Tujuan PPIC:
• Memberikan pelayanan yang terbaik bagi customer
• Menyediakan biaya produksi yang terendah
• Menyediakan biaya persediaan yang terendah
• Menyediakan biaya distribusi yang terendah.
Tugas-Tugas PPIC:
• Perencanaan - Membuat rencana produksi, menyusun dan menetapkan urutan produksi, input material, alat dan mesin, serta pekerja.
• Penjadwalan - Mempersiapkan order produksi dan jadwalnya (timetables).
• Pengendalian – Memberikan otorisasi untuk memulai kegiatan produksi, memonitor, menindak lanjuti, dan menjaga rencana dilaksanakan.
Tanggal 23 Oktober 2008 kemarin Teknik Industri Universitas Indonesia mengadakan Lomba PPIC Game yang diikuti oleh mahasiswa Reguler angkatan 2006 dan mahasiswa program ekstensi. Lomba tersebut dibuat sebagai pengganti Ujian Tengah Semester. Dalam lomba tersebut, masiswa akan dibagi dalam bPPIC, Pengantar dokumen, Gudang aBhan Baku, GUdang Bahan Jadi, Supplier, Purchasing, Workstation dan Sales. Setiap divisi mempunyai tugasnya masing-masing namun dalam pengerjaannya akan terjadi kegiatan yang simultan. Dimana satu divisi dan divisi lainnya berkaitan dan saling berhubungan. Dalam lomba ini peran PPIC sangat penting karena merupakan divisi yang membuat keputusan terhadap jalannya kegiatan produksi. Sehingga sangat dibutuhkan analisis yang tinggi untuk membuat suatu keputusan. Dalam membuat keputusan PPIC harus mempertimbangkan data-data historis(keadaan pasar dari data yang terdahulu), dan hal ini dapat dijadikan sebagai dasar dalam penentuan keputusan. Selain itu PPIC juga harus bisa mengontrol inventory, agar jangan sampai menimbulkan biaya inventory yang besar sehingga dapat mengurangi pendapatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar